Sabtu, 24 Maret 2012

MENANGANI KELUHAN TAMU

         Keluhan tamu timbul pada umumnya pada saat tamu tadi tidak mendapatkan pelayanan dengan baik.
Bagaimanapun tamu tadi mengeluh, hendak nya jangan diambil hati.
Keluhan tamu yang benar dan layak merupakan umpan balik bagi pihak hotel / restoran guna untuk meningkatkan pelayanan kepada tamu berikutnya.
         Prosedur yang sangat berharga dalam mengahadapi keluhan keluhan tamu adalah sbb:
  1. Jangan bertengkar dengan tamu, karena mereka selalu benar (tong ngabacot nyiar nyiar tambah piambekeun)
  2. Sambut dengan baik keluhan tamu
  3. Dengarkan dengan penuh perhatian (lain molotot katamu teh)
  4. Ulangi keluhan tamu sengan tegas dan sopanuntuk menunjukan bahwa saudara sudah mengetahui masakahnya.
  5. Hargailah hal yang paling kecil yang sesungguhnya telah terjadi dengan mengatakan "ya", apa yang bapak kemukakan adalah benar"Hal ini akan membuat seakan akan anda ada di pihak sebelah tamu.
  6. Bila pelayanan yang salah minta maaf lah kepada tamudan berjanji akan mengoreksinya.
  7. Nyatakan rasa terima kasih kepada tamu yang telah mengutarakan keluhannya.
  8. Bila anda tidak dapat membuat puas para tamu pangillah Supervisor / Manager agar dia menangani keluhan tamu (tapi kenyataan nya areuweuh kawani tibaheula gawe pindah pindan pagawean ngan ngandelken bawahan weh pehul).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar